Kamis, 15 September 2011

Peta Wisata Kota Yogyakarta

Setelah beberapa hari yang lalu abis dari Yogyakarta, sekarang jadi pengen nulis tentang Yogyakarta. Seperti kuliner Yogyakarta, wisata kota Yogyakarta, dll.

Kota Yogyakarta adalah salah satu kota besar di Pulau Jawa yang merupakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta dan memiliki luas total 32,5 km2. Hari jadi kota Yogyakarta adalah 7 Oktober 1756.

Nama Yogyakarta terambil dari dua kata, yaitu Ayogya yang berarti "kedamaian" (atau tanpa perang, a "tidak", yogya merujuk pada yodya atau yudha, yang berarti "perang"), dan Karta yang berarti "baik". Tapak Keraton Yogyakarta sendiri menurut babad (misalnya Babad Giyanti) dan leluri (riwayat oral) telah berupa sebuah dalem yang bernama Dalem Gerjiwati; lalu dinamakan ulang oleh Sultan Pakubuwono II sebagai Dalem Ayogya

Motto: Mangayu Hyuning Bawana, artinya - Cita-cita untuk menyempurnakan masyarakat
Slogan: Berhati Nyaman (Bersih, Sehat, Asri dan Nyaman)(umum)

Berikut adalah daftar wisata kota Yogyakarta yang bisa saya bagikan:
  1. Keraton Yogyakarta, pusat pemerintahan kota yang berada di pusat Kota Yogyakarta.
  2. Malioboro, merupakan sebuah jalan yang menjadi pusat perbelanjaan kota Yogyakarta. Dimana jalan ini merupakan salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal.
  3. Istana Air Tamansari, merupakan tempat pemandian raja jaman dahulu. Tempat ini bisa dikunjungi mulai jam 08.00 sampai 16.00.
  4. Museum Benteng Vredeburg, benteng yang dibangun tahun 1765 untuk melindungi Residen Belanda. Sekarang dijadikan museum yang letaknya sangat dekat dengan Malioboro.
  5. Pasar Beringharjo, pasar yang menyediakan berbagai macam barang, dan paling banyak adalah batik. Pasar ini terletak di kawasan Malioboro.
  6. Taman Pintar, taman yang terletak di Jl Senopati ini menyediakan berbagai peragaan teknologi, bioskop 4D dan taman bermain anak.
  7. Purawisata, sebuah area seluas 2,3 ha yang digunakan untuk tempat pertunjukkan Ramayana, aneka permainan anak dan panggung hiburan.
  8. Gedung Agung, merupakan istana negara RI saat Indonesia beribukota di Yogyakarta.
  9. Pasar Klithikan, pasar yang menyediakan barang antik dengan harga cukup murah.
  10. Kebun Binatang Gembira Loka, memiliki 192 jenis binatang, 200 tanaman, 20 akuarium air tawar dan laut. Serta dilengkapi dengan aneka macam permainan.
  11. Puro Pakualam, istana yang seing digunakan untuk menerima tamu-tamu negara.

Itulah tadi beberapa Wisata Kota Yogyakarta. Bila ada kesalahan atau kekurangan bisa anda tambahkan atau dibetulkan. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

bisnis tiket pesawat mengatakan...

wah..
asik banget dah kalau dijogja.
met" ulta jogja

adeperdhana mengatakan...

bener2 asik banget, gan. nongkrong sambil minum kopi areng di stasiun Tugu. mantap..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...