Minggu, 22 Juli 2012

Makanan dan Oleh-Oleh Khas Semarang

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Makanan dan Oleh-Oleh Khas Semarang. Bagi anda yang sudah pernah berkunjung ke Semarang, pasti sudah tahu Makanan dan Oleh-Oleh Khas Semarang apa saja. Bagi yang belum tahu, semoga postingan saya kali ini bisa membantu menambah pengetahuan anda.

Sebenarnya ada banyak Makanan dan Oleh-Oleh Khas Semarang, tetapi yang saya jelaskan adalah makanan yang paling banyak diminati oleh orang yang berkunjung kesana. Berikut lebih detailnya:

1. Lumpia (Loenpia)
Merupakan oleh-oleh khas Semarang yang menjadi ikon dari kota ini. Lumpia berbentuk roll dan terbuat dari rebung, telur, daging ayam atau udang. Harga sebiji lumpia cukup bervariasi, mulai dari Rp 3000 hingga Rp 8000. Konon katanya, lumpia pertama kali dibuat oleh seseorang keturunan Cina yang menikah dengan orang Semarang dan menetap disana. Belakangan ini, cita rasa lumpia menjadi cukup beragam seiring perkembangan jaman.


#info: Lumpia basah bertahan selama 12 jam, sedangkan lumpia kering bertahan kurang lebih 6 jam.

2. Bandeng Presto
Merupakan oleh-oleh khas Semarang lainnya yang cukup terkenal. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto, sehingga duri yang terdapat dalam ikan bandeng tersebut menjadi lunak.

#info: Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Makanan dan Oleh-Oleh Khas Semarang. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

obat jerawat herbal mengatakan...

mksih infox gan

obat mata herbal mengatakan...

wenaknya..

Ade Perdhana Putra mengatakan...

cobain kalo lagi main ke Semarang. Menurut saya enak..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...