Sabtu, 13 Juli 2013

Beberapa Tokoh yang Lahir di Surabaya

Kota Surabaya adalah kota besar kedua di Indonesia yang dihuni oleh banyak orang dan terdiri dari beberapa suku bangsa di Indonesia. Sehingga Surabaya adalah salah satu kota yang melahirkan banyak tokoh-tokoh penting baik lokal maupun nasional. Salah satunya adalah Rudy Hartono, mantan pemain bulutangkis yang menjuarai ajang All-England selama 8 kali. Tidak hanya Rudy Hartono, masih ada Beberapa Tokoh lain yang Lahir di Surabaya. Siapa saja mereka? Berikut adalah beberapa Tokoh yang Lahir di Surabaya:
  • KH Mas Mansyur, mantan pemimpin Muhammadiyah. Beliau lahir di Surabaya, tanggal 25 Juni 1896. (Wikipedia). Beliau dikenal sebagai tokoh agama Islam dan Pahlawan Nasional.
  • Roeslan Abdulgani, sejarahwan, mantan wartawan, mantan menlu RI.  Beliau dilahirkan di Surabaya dan pada tanggal 24 Nopember 1914. Semasa hidup menjadi pedagan dan anggota pengurus Sarekat Dagang Islam Surabaya. (Web pribadi beliau).
  • Bung Tomo, atau Soetomo adalah orator yang membangkitkan semangat perjuangan Arek Suroboyo melawan Belanda melalui tentara NICA. Bung Tomo dilahirkan di Kampung Blauran, di pusat kota Surabaya tanggal 3 Oktober 1920. Ayahnya bernama Kartawan Tjiptowidjojo, seorang kepala keluarga dari kelas menengah. Ia pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan, sebagai staf pribadi di sebuah perusahaan swasta, sebagai asisten di kantor pajak pemerintah, dan pegawai kecil di perusahan ekspor-impor Belanda. (Wikipedia).
  • Rudy Hartono, adalah mantan pemain bulutangkis nasional, pernah juara 8 kali All England. Beliau lahir di Surabaya, pada tanggal 18 Agustus 1949 (Wikipedia).
  • Alan Budikusuma, mantan pemain bulutangkis nasional peraih medali emas olimpiade Barcelona 1992. Lahir di Surabaya pada tanggal 29 Maret 1968 (Web PB Djarum).
  • Ir. Soekarno, presiden pertama Indonesia. Bung karno dilahirkan tanggal 6 juni 1901 di Surabaya seperti penuturan dari putri beliau, Sukmawati. “Memang betul beliau lahir di Surabaya,” ujar putri Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri kepada okezone di Jakarta, (31/8/2010).

Itulah tadi Beberapa Tokoh yang Lahir di Surabaya. Sedikit pengetahuan yang bisa saya bagi untuk kepentingan bersama. Semoga postingan saya menginspirasi anda untuk terus berjuang memajukan nama Bangsa Indonesia

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...