Sabtu, 01 Juni 2013

Masakan atau Makanan Khas Surabaya


Kali ini, saya akan membuat postingan tentang masakan khas kota kelahiran saya, Surabaya. Surabaya memiliki beberapa jenis masakan khas yang cukup banyak dan telah dikenal oleh masyarakat umum, seperti lontong balap dan rujak cingur.

Berikut adalah beberapa masakan atau makanan khas kota Surabaya, beserta sedikit penjelasannya:

·         Lontong Balap


Adalah makanan khas Surabaya yang pertama. Makanan ini terdiri dari sayur toge yang dicampur dengan lontong, lento, tahu goreng dan sate kerang. Lontong Balap disajikan dengan petis dan lombok. Bila anda berkunjung ke Surabaya, anda dapat menjumpai penjual makanan ini di daerah Kranggan, atau masih banyak orang yang menjual makanan ini sambil membawa rombong.


·         Rujak Cingur


Makanan khas Surabaya yang kedua adalah rujak cingur. Rujak ini terdiri dari lontong, ketimun, toge, mie,
tempe, cingur (bibir sapi) dan mangga muda. Penyajian Rujak cingur disiram bumbu kacang yang nikmat.
Anda masih banyak menjumpai penjual rujak cingur di seluruh penjuru kota Surabaya.

·         Semanggi


Semanggi adalah makanan khas Surabaya yang saat ini sudah jarang kita jumpai. Sangat jarang saya menjumpai penjual semanggi yang berkeliling sambil menggendong semanggi. Makanan ini terdiri dari daun semanggi yang disiram bumbu kacang, dan dihidangkan diatas selembar daun pisang.

·         Tahu Campur

Tahu campur adalah makanan khas Surabaya yang terakhir saya bahas. Tahu campur ini terdiri dari mie, toge, sawi, kerupuk dan daging. Dimana semuanya disiram dengan kuah yang rasanya gurih. Makanan ini masih bisa anda jumpai di beberapa daerah di Surabaya.

Itulah tadi beberapa makanan Khas Surabaya. Bila anda belum pernah mencoba, saran saya, cari tempat penjual makanan khas Surabaya, lalu cicipin. Dijamin langsung tau rasanya. ehehehe

Sekian postingan dari saya. Semoga memberikan inspirasi untuk anda semua agar melestarikan Masakan Khas Indonesia.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...