Kamis, 06 Oktober 2011

Makanan Khas Banyuwangi

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak jenis makanan. Negara ini memiliki banyak daerah, bayangkan saja bila satu daerah memiliki banyak jenis makanan khas. Karena kapan hari melakukan Wisata Banyuwangi, Jawa Timur, jadi pengen nulis tentang Makanan Khas Banyuwangi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah Makanan Khas Banyuwangi:

1. Rujak Soto
Adalah salah satu makanan khas Banyuwangi. Makanan ini merupakan campuran antara rujak cingur dengan soto babat. Rujak disajikan terlebih dahulu, lalu disiram dengan soto babat tersebut. Perpaduan yang sangat nikmat.


2. Sego Tempong
Nasi ini semacam dengan nasi lalapan yang khas dari kota Banyuwangi. Bedanya, terletak di sambalnya yang terasa sangat pedas. Kenapa dinamakan Sego Tempong (tempeleng)? karena setelah makan sego tempong rasanya seperti ditempeleng karena pedas. Bagi anda pecinta masakan pedas, anda harus mencoba makanan yang satu ini.


3. Rujak Bakso
Sama halnya seperti rujak soto, akanan ini merupakan campuran antara rujak cingur dengan bakso. Rujak disajikan terlebih dahulu lalu disiram denga kuah bakso.


4. Sego Cawuk/Sego Janganan.
Makanan ini adalah makanan khas lainnya dari Banyuwangi. Nasi dengan sayur yang terbuat dari kelapa diparut dengan sambal/gecok, konon ini adalah menu favorit Syekh Siti Jenar. Nasi ini cocok digunakan untuk menu sarapan.


5. Bagiak
Merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi yang berbentuk kue kering dan berbahan dasar tepung sagu.


6. Sale Pisang
Merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi lainnya. Sale pisan adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur hingga kering. Salah satu tempat produksi sale pisang ini adalah di Kecamatan Songgon,


Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Makanan Khas Banyuwangi. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.

4 komentar:

yulius mengatakan...

ada 1 yang lupa anda cicipi gan , ayam pedes :)

Ade Perdhana mengatakan...

oh, gitu yaa, gan? ntar deh aku cobain kalo kesana lagi. tengkyu koreksinya :D

obat keputihan herbal mengatakan...

thanks infox menarik gan smg sukses,,,..

http://www.saesalera.com/product/view/43/obat-mata

Ade Perdhana Putra mengatakan...

iya, gan. sama2..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...